02 Desember 2016

CARA MEMEGANG BET TENIS MEJA

CARA MEMEGANG BET TENIS MEJA

 



Cara memegang bet tenis meja terdiri dari beberapa cara. Ada 2 cara memegang tenis meja yaitu yang umum dan tidak umum/tidak biasa.

Genganggaman  Biasa(umum)

 Shakehand Grip

Shakehand grip berasal dari 2 kata yaitu, "shakehand" yang berarti berjabat tangan atau tangan bersalaman dan "grip" yang berarti pegangan.
Shakehand grip merupakan salah satu teknik memegang bet yang sangat umum dan rata-rata pemain tenis meja menggunakan teknik ini, Hampir semua pemain Eropa dan kira-kira dua pertiga dari Asia pemain menggunakan pegangan ini. Pemain-pemain internasional banyak yang memakai teknik ini, contohnya: Ma Long, Zhang Jike, Timo Boll,dll
  
Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik memegang bet ini merupakan teknik memegang bet seperti berjabat tangan.

cara memegang bet dengan cara shakehand grip

1. Tangan memegang bet seperti ingin berjabat tangan.
2. Jari telunjuk diluruskan dan diletakan di atas karet bagian samping bet/pinggiran bet.
3. Jari-jari lainnya menggenggam bet.

Agar lebih jelas mari perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.

Shakehand Grip Backhan

Shakehand Grip Forehand




Penhold Grip

Penhold grip berasal dari 2 kata yaitu, "penhold" yang berarti memegang pena dan grip pegangan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penhold grip itu berarti teknik memegang bet seperti memegang pena.

Gaya Penhold merupakan teknik yang dipakai beberapa pemain tenis meja. Teknik ini juga dipakai beberapa pemain internasional contohnya: Ma Lin, Xu Xin, dll.
Penhold grip ini pada umumnya memiliki kelemahan yaitu pada sisi backhand. Kelemahan ini membuatnya jauh lebih sulit untuk pemain  penhold pemula yang belum terbiasa daripada pemain dengan gaya shakehand.  
Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi pemain tipe penhold, dengan gaya permainan ini beberapa pemain tipe penhold telah  memenangkan kejuaraan dunia, Piala Dunia dan Olimpiade secara teratur, karena kelemahan backhand dapat ditutupi memadai dengan footwork/gerakan kaki yang sangat baik, atau dilengkapi dengan cara gerakan tangan yang cepat mengejar bola.

Pada umumnya pemain tipe ini hanya menggunakan satu sisi karet yang menggunakan sisi forehand saja dan tidak menggunakan sisi backhand.
Akan tetapi setelah berkembangnya tenis meja beberapa pemain penhold  telah menggunakan dua sisi karet. Salah satu pemain penhold yang menggunakan dua sisi yaitu Xu Xin, walaupun penhold Xu Xin telah membuktikan bahwa pemain penhold sekalipun dapat melakukan backhand.

cara memegang bet dengan cara penhold grip:
1. Bentuk O dengan menggunakan jari telunjuk dan jempo tangan.
2. Jepit bet menggunakan 2 jari tadi.
3. Jari-jari lainnya ditekuk senyaman mungkin.


Agar lebih jelas mari perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.
Penhold Grip Forehand

Penhold Grip Backhand

Genggaman Tidak Biasa(tidak umum)



Meskipun sebagian besar pemain memegang bet dengan gaya dua di atas, ada beberapa teknik memegang bet selain dua teknik di atas. Yaitu teknik V Grip dan Seemiller Grip.
Dan tahukah anda bahwa tidak telah terbukti efektivitas mereka dalam tingkat yang lebih tinggi namun, dan sangat jarang ditemukan pemain dengan tipe-tipe ini.

V-Grip 
V Grip berasal dari 2 kata, yaitu "v" dan "grip"
v yang berarti huruf v dan grip yang berarti pegangan.
Jadi dapat disimpulkan v grip yaitu cara memegang bet dengan bentuk v.

gaya ini merupakan gaya yang eksperimental yang sedang dikembangkan di Cina. Gaya ini dilakukan dengan cara membentuk tanda V  yang berarti Victory dalama bahasa inggris, dan dalam bahasa indonesia yang berarti kemenangan. 
Hal ini membutuhkan bet yang dimodifikasi agar berhasil. Pegangan ini menghasilkan keuntungan yang nyata spin tuas dan mekanisme yang digunakan dalam pukulan forehand dan backhand (banyak seperti yang ditemukan di Barat pegangan Tenis).


cara memegang bet dengan cara V-grip:
1. Gunakan bet yang telah dimodifikasi.
2. Cukup genggam tangkai bet dengan jari telunjuk dan jempol pada sisi forehand.
3. Jari-jari lainnya menggenggam tangkai bet pada sisi backhand.
  
 Agar lebih jelas mari perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.
Bet yang telah dimodifikasi 




 
Cara Memegan V-Grip

Seemiller Grip
Seemiller Grip berasal dari 2 kata, yaitu "seemiller" yang berartikan nama dari pencipta teknik ini dan "grip" yang berarti pegangang.
 
Teknik ini dibuat terkenal oleh Dan Seemiller, juara Amerika. Pegangan ini adalah variasi dari cengkeraman berjabat, tetapi mirip pegangan Barat yang digunakan oleh banyak pemain tenis.  
Dalam cengkeraman Seemiller, ujung jari telunjuk ditempatkan sehingga mencapai dekat tepi bet (atau, dalam kasus lain Amerika juara, Eric Boggan, benar-benar membungkus/memegang di sekitar tepi bet). Hal ini memungkinkan pemain tipe Seemiller grip ini untuk mendapatkan sentakan luar biasa pada stroke forehand mereka.  
Namun, itu juga dapat membuat pemain merasa canggung untuk memukul menggunakan backhand tradisional, menggunakan sisi berlawanan dari raket. Jadi, sebaliknya, Seemiller-gaya pemain memukul backhands mereka dengan sisi yang sama dari raket saat mereka memukul mereka forehands, memutar pergelangan tangan mereka atas cara seorang pemain bisbol akan membuat menangkap backhand, dan biasanya memblokir atau berlawanan memukul bola.  
Karena mereka tidak akan menggunakan hanya satu sisi raket mereka untuk memukul tembakan mereka, Seemiller-gaya pemain sering menempatkan karet dengan karakteristik bermain sangat berbeda di sisi lain mereka kelelawar, umumnya gesekan rendah "anti-spin" karet yang mereka gunakan untuk mengembalikan servis yang berputar/servis yang digesek/spin.
Bisa juga digunakan untuk mengubah kecepatan bola dalam sebuah rally secara tiba-tiba. Seemiller, pada kenyataannya, cocok dengan bet buatan, sebuah bet dengan berbagai jenis karet pada setiap sisi. Pegangan ini juga memiliki julukan "penyeka kaca"  atau pembersih kaca depan mobil karena sesuai dengan gerakan pukulan forehand dan backhand.

cara memegang bet dengan cara Seemiller grip:
1. Ujung jari telunjuk ditempatkan di dekat tepi bet.
2. Jari lainnya menggenggam bet sama seperti shakehand grip.
Agar lebih jelas mari perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.

Cara Memegan Seemiller Grip
 

Tipe permainan Penhold


Looper
Penhold loopers memanfaatkan loop forehand topspin sebagai tembakan utama mereka. Jenis pemain biasanya memamerkan gerak kaki yang sangat baik, mencoba untuk menggunakan bagian untuk menutupi seluruh meja. Dibandingkan dengan shakehand loopers, penhold loopers memiliki jangkauan lebih pendek dan mencoba untuk tetap dekat dengan meja bahkan selama pertukaran kekuasaan bola.  

1981-83 dunia juara Guo Yuehua 1988 Olimpiade emas medali Yoo Nam-kyu, 1992 Olimpiade Pria ganda emas medali Lin, peraih medali perunggu Olimpiade 1992 adalah loopers terkenal penhold Kim Taek-Jadi, 2001-03 dunia pria ganda juara Yan Sen, 2004 Olimpiade emas medali Ryu Seung-min, 2008 Olimpiade emas medali Ma Lin, 2009 dunia juara Wang Hao, dan 2015 pria dan ganda campuran juara Xu Xin.

Counter Driver
Keuntungan penhold dari gerakan menipu lawan sepenuhnya dimanfaatkan dalam gaya ini. Tinggal dekat dengan meja, counter driver blok dan lakukan pukulan drive kepada topspins lawan dikembalikan keseberang meja dengan cepat, mencoba untuk memaksa mereka keluar dari posisi atau mencari membunuh forehand oportunistik. Counter driver biasanya memiliki forehand loop yang aman juga, pada saat seperti kasus di mana lawan adalah seorang chopper(pengecop) dan tidak memberikan topspins atau membunuh segera.

Pimpled Hitter
Gaya tradisional penhold. pengguna bintik bermain di atas meja, memukul bola secepat mungkin setelah bola memantul dari meja dengan bintik yang mengurus banyak masalah yang disebabkan oleh lawan spin. Agresif menyerang dapat menang poin dengan mudah dalam beberapa pengembalian pertama, tetapi kurangnya topspin Magnus efek(gaya yang bekerja pada silinder yang berputar cepat atau bola bergerak melalui udara atau cairan lain dalam arah pada sudut terhadap sumbu spin.  
Gaya ini bertanggung jawab untuk meliuk bola saat memukul atau dilempar dengan berputar) berarti bahwa serangan kurang efektif ketika lawan dipaksa kembali.

Penhold terkenal bintik: Liu Guoliang, Jiang Jialiang, Toshio Tasaki, Yang Ying, Gwak Bang-Bang, Seok Eun-Mi, ia Zhi Wen, Lee Eun-Hee, Wang Zeng Yi.

Tipe permainan Shakehand

 

Looper
Loopers shakehand menerapkan tekanan dan memenangkan poin terutama dengan kecepatan dan spin loop dari forehand. Setelah pertukaran giliran servis, ketika serangan pertama telah dilakukan, loopers akan menyerang dengan berbagai tembakan topspin bervariasi dalam kecepatan dan spin, mengarahkan bola ke area sekitar meja lawan dan pada saat itu juga menndapatkan nilai.
Kekuatan dan jangkauan looper shakehand berarti bahwa mereka dapat counterloop bahkan ketika dipaksa kembali dari Meja, yang dapat menjadi ssebuah tontonan besar yang ketika lobbing looper dipaksa kembali oleh serangan Smash tiba-tiba dalam upaya untuk mendapatkan kembali inisiatif.

All-round Attacker
Seperti seorang looper, All-round Attacker menggunakan loop sebagai senjata utama. Selain itu, backhand sama-sama efektif meningkatkan kemungkinan memiliki serangan pertama, dan jumlah sudut yang bisa diserang. Sementara ini berpotensi berarti bahwa pemain bisa kebingungan, apakah akan menyerang menggunakan forehand atau backhand, sebagian besar pemain cenderung menggunakan forehand lebih kuat, membuat All-round Attacker tidak berbeda dari loopers.

Counter Driver
Counter Driver shakehand dan serangan-serangan variasi drive kembali ke lawan , memaksa terjadinya kesalahan melalui perubahan sudut dan irama. Serangkaian drive yang cepat dan blok antara counter driver dapat terlihat cukup mengesankan, dengan bola seakan terbang di mana-mana. Pemain perempuan tampaknya lebih sukses dengan gaya ini, mungkin karena gaya "meminjam" banyak kekuasaan dari lawan dan tidak memerlukan sebanyak kekuatan lengan untuk mencapai kecepatan yang sama


Attacking Chopper
Gaya khas single Tenis Meja adalah Attacking Chopper. Sementara gaya lain terlihat untuk menyerang dan mendapatkan inisiatif, chopper menghentikan inisiatif, menggunakan serangan potongan kembali dengan backspin, sehingga lawan perlu untuk memulai serangan lagi.
 defensive chopper kembali dengan serangan berulang-ulang yang lambat, mengambang bola  chop-chop backspin sehingga bola dieksekusi selambat mungkin , mengambil waktu sebanyak yang diperlukan untuk melelahkan dan membuat lawan frustasi. 
  
Chop-chop dapat bervariasi dalam jumlah backspin (dari tidak terspin menjadi mengambang), sidespin (melengkung ke dalam meja atau menjauhkan dari lawan) atau posisi, sehingga sulit untuk terus menyerang. Jika lawan menolak untuk menyerang atau mulai bermain bertahan, attacking chopper bisa tiba-tiba mencampurkan serangan spin atau serangan smash, menyerang siapa pun yang tidak sepenuhnya waspada dan siaga. Karet sebaliknya biasanya digunakan untuk forehand, tetapi backhand biasanya disediakan untuk bintik yang panjang atau pendek, yang jauh lebih mudah untuk mengontrol. 
  
Beberapa pemain membalikkan bet mereka untuk menggunakan karet bintik pada pukulan forehand, pemain yang terkemuka tercakup adalah Koji Matsushita, Svetlana Ganina, Irina Kotikhina, dan Viktoria Pavlovich, tetapi beberapa menolak untuk melakukan itu untuk menjaga gaya mereka yang sederhana, termasuk Chen menggunakannya (Chen menggunakan karet terbalik pada nya backhand untuk menyerang, kadang-kadang), Joo Se Hyuk, lagu Ding, Kim Kyung Ah , Taman muda Mi dan Tan Paey pakis. Sangat sedikit pemain memilih untuk membela dengan terbalik karet di kedua sisi, sebuah contoh yang terkenal termasuk Wang Tingting.



Dari semua tipe-tipe permainan di atas semua teknik tersebut sangat bagus untuk digunakan.
Mana teknik yang paling bagus?
Teknik paling bagus adalah teknik yang sesuai dengan kenyamanan kita dalam bermain.



Kalian tipe yang mana?


6 komentar:

  1. wah..baru tau yang udah dimodif
    biasanya main disekolah diajari guru OR pakai penhold

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, memang jarang banget orang tahu tentang cara memegang yang tidak umum
      mksh

      Hapus
  2. wa jadi gitu cara megangnya ngak terlalu sering sih main tennis meja :3

    BalasHapus
  3. Ane megangnya kaya orang2 laen atau teknik seemiler

    BalasHapus

Saya butuh kritik & saran sobat